Pages

Minggu, 01 Januari 2012

Seringkali saya di panggil untuk memperbaiki komputer di rumah-rumah maupun di kantor-kantor baik milik perorangan maupun instansi, dari pengalaman memperbaiki komputer itu saya menemukan banyak sekali keluhan kerusakan komputer yang hampir sama, antara lain karena terserang virus, komputer tidak bisa di hidupkan dan hanya mengeluarkan bunyi tertentu, CPU hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar dan masih banyak lagi keluhan lainnnya dan menurut saya ada beberapa kerusakan ringan seperti itu bisa dicoba untuk memperbaiki sendiri terlebih dahulu sebelum memanggil seorang teknisi.


Disini Blog Collection Task Abi hanya ingin membantu bagi pengunjung blog CTA ini yang masih awam dalam memperbaiki komputer sendiri, dan topik yang ingin saya sampaikan adalah hanya "komputer tidak bisa hidup dan mengeluarkan bunyi tertentu", kenapa saya ingin menyampaikan topik ini karena menurut saya, kerusakan hardware seperti ini masih bisa dicoba untuk diperbaiki sendiri terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk memanggil seorang teknisi komputer. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua kerusakan dapat diperbaiki sendiri, namun perlu orang yang memang profesional di bidangnya. Namun untuk kerusakan ringan seperti komputer mengeluarkan bunyi tertentu sebaiknya dicoba dulu perbaiki sendiri, setelah itu baru apabila tidak bisa juga diperbaiki barulah memanggil seorang teknisi.

Berikut ini adalah tips dari Collection Task Abi untuk Belajar memperbaiki sendiri komputer anda di rumah sebelum memanggil seorang teknisi khususnya kerusakan ringan hardware.

Bila komputer anda di rumah, di kantor atau di manapun memberikan tanda berupa bunyi tertentu dan tidak bisa hidup atau tidak bisa muncul di monitor, coba ikuti langkah-langkah berikut mungkin bisa membantu anda sebelum memutuskan untuk memanggil seorang teknisi, namun untuk memperbaikinya kita perlu masuk (tangan saja yang masuk karena badan kita gak mungkin muat) ke dalam CPU (Central Proccessing Unit).

Langkah 1

Matikan Komputer/PC anda dan Cabut koneksi kabel listrik ke stop kontak.

Langkah 2

Buka case/casing CPU, dan lepaskan keping memory dari tempatnya. cara melepaskan memori, tarik ke samping tuas pengunci yang ada pada kedua ujung keping memory hingga keping memori agak sedikit terangkat.

Langkah 3

Cabut keping memori dari tempatnya dan keluarkan dari casing/case. (pastikan bahwa tuas pengunci memori benar-benar sudah terbuka).

Langkah 4

Bersihkan bagian kuningan yang terkoneksi ke motherboard dengan menggunakan penghapus pensil (jangan disentuh dengan tangan bagian kuningan).
Langkah 5

Pasang kembali keping memori yang sudah dibersihkan pada tempatnya semula pada motherboard dan jangan lupa menguci dengan tuas pengunci. Tuas pengunci akan terkunci dengan sendirinya jika anda memasang keping memori dengan benar (tidak terbalik). Lakukan pemasangan keping memori dengan menekan kedua ujung keping memori secara perlahan dan perhatikan tuas pengunci benar-benar sudah terkunci.

Langkah 6

Lakukan langkah 4 untuk semua kartu yang terkoneksi ke motherboarboard khususnya Kartu grafik/VGA Card (apa salahnya membersihkan semua komponen sekalian, tidak rugikan?)

Langkah 7

Bilah yakin semua kartu yang terpasang sudah dibersihkan dan terpasang pada tempatnya masing-masing maka sekarang saatnya untuk membuktikan apakah semua yang dilakukan tadi mendapatkan hasil yang lebih baik (komputer hidup) atau tidak ?.

Langkah 8

Hubungkan kembali kabel power dari komputer ke stop kontak dan hidupkan komputer anda dan perhatikan perubahan yang terjadi.

Jika berhasil maka komputer anda akan hidup seperti semula, dan jika komputer tetap tidak bisa hidup juga barulah anda bisa mengambil keputusan untuk memanggil seorang teknisi.

Mencoba itu lebih baik daripada tidak sama sekali, sederhana bukan ? selamat mencoba semoga tips dari Collection Task Abi ini bisa bermanfaat.

Tips Merawat PC Desktop

Komputer saat ini bukan lagi merupakan kebutuhan barang mewah, tetapi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bayangkan saja ketika listrik padam, semua karyawan pada bingung harus berbuat apa karena semua harus dilakukan dengan menggunakan komputer, jadi komputer merupakan sarana kerja yang sangat dibutuhkan saat ini dan saat mendatang.
Sebegitu pentingnya komputer untuk membantu pekerjaan kita sehingga posting kali ini saya mencoba memberikan tips agar merawat pc (personal computer) bisa lebih panjang umurnya.

Tips Perawatan Hardware
- Penempatan Casing tidak berada di depan pemakai komputer untuk menghindari kaki si pemakai komputer (jika tidak memiliki meja khusus komputer)
- Bagi anda yang sering boangkar pasang casing, memori, harddisk, prosesor dan lain-lain yang berada di dalam CPU, agar selalu memasang kabel-kabel penghubung antar dvice dengan benar dan terpasang dengan baik.
- Baut-baut pengancing card-card agar dipasang dan dikencangkan, ini sangat berpengaruh terhadap kerusakan pada card-card yang terpasang apabila baut-baut pengancing card tidak terpasang atau tidak dikencangkan.
- Baut untuk mengancing hard disk agar dipasang lengkap untuk menghindari getaran yang berlebihan pada hard disk karena hard disk merupakan salah satu komponen komputer yang sangat sensitif terhadap getaran.
-Bersihkan Bagian dalam casing (CPU) dari debu kurang lebih 3 bulan sekali
- Apabila anda adalah pengguna komputer insidentil atau tidak setiap hari atau kadang-kadang saja, maka sebaiknya anda meluangkan waktu sedikit untuk menghidupkan komputer anda sekitar 15 menit agar tidak terjadinya kelembaban berlebihan di dalam CPU sehingga suatu saat nanti digunakan komputer tersebut tidak terjadi hubungan pendek (korslet).

Tips perawatan software
berikut tips-tips untuk merawat software
- Lakukan defrag setiap akhir pekan, agar semua program dan data tersimpan dengan baik
- Install anti virus yang selalu di update agar terhindar dari virus yang mengganggu aktifitas kita dalam menggunakan komputer
- Bila sering menyewa Warnet untuk mendapatkan informasi dari internet sebaiknya anda lebih waspada terhadap virus karena virus lebih banyak beredar melalui jarul internet, apalagi warnet merupakan tempat umum yang bisa dipakai oleh siapa saja yang berpotensi menyebarkan virus.
- Shutdown komputer secara benar apabila anda tidak menggunakan komputer lagi.

Begitulah sedikit tips dari saya untuk merawat pc kita dirumah agar selalu bsia menemani kita dalam bekerja. Tips ini berdasarkan pengalaman saya dalam merawat pc saya sejak tahun 1988.
Semoga tips-tips yang saya sajikan disini bisa bermanfaat bagi pengunjung blog Belajar Ilmu Komputer.

Membersihkan Virus Shortcut Pada Komputer

Lagi-lagi virus membuat semua pekerjaan jadi terhambat, meskipun tidak semua virus menghilangkan data namun yang namanya virus memang sangat menjengkelkan.Meskipun tidak merusak dokumen meski begitu tetap saja virus tetap menggannggu dengan menghambat pekerjaan (proses) yang dilakukan komputer.
Salah satu virus yang akhir-akhir ini cukup merepotkan yaitu yang sering disebut dengan virus shortcut, virus ini tidak merusak file kita tetapi hanya menyembunyikan file asli kemudian membuat shortcut baru bagi file kita sehingga apabila diklik shortcut buatan virus maka file/folder tersebut tidak akan terbuka karena memang itu bukanlah shortcut asli.

Setelah saya mencoba mencari solusi bagaimana cara menghilangkan virus shortcut dengan bantuan tuan google sanya menemukan beberapa blog dan web yang menyediakan artikel cara menghilangkan/membersihkan virus shortcut, antara lainnya yang cukup bagus menurut saya seperti berikut :

1. Matikan system restore computer kita terlebih dahulu caranya klik kanan pada icon My Computer, properties, klik tab System Restore kemudian berikan tanda centang pada Turn Off System Restore on All Drives dan klik OK
2. Matikan proses dari file Wscript yang terletak di C:\Windows\System32, dengan cara menggunakan tools seperti CProcess, HijackThis atau dapat juga menggunakan Task Manager dari Windows
3. Setelah dimatikan proses dari Wscript tersebut, kita harus men-delete atau me-rename dari file tersebut agar tidak digunakan untuk sementara oleh virus tersebut

Sebagai catatan, kalau kita me-rename dari file Wscript.exe tersebut dengan otomatis, maka akan dicopykan lagi di folder tersebut. Oleh sebab itu, kita harus mencari di mana file Wscript.exe yang lainnya, biasanya ada di C:\Windows\$NtServicePackUninstall$, C:\Windows\ServicePackFiles\i386.

Tidak seperti virus-virus VBS lainnya, kita bisa mengganti Open With dari file VBS menjadi Notepad, virus ini berextensi MDB yang berarti adalah file Microsoft Access. Jadi Wscript akan menjalankan file DATABASE.MDB seolah-olah dia adalah file VBS

4. Delete file induknya yang ada di C:\Documents and Settings\\My Documents\database.mdb, agar setiap kali komputer dijalankan tidak akan me-load file tersebut. Dan jangan lupa kita buka juga MSCONFIG, disable perintah yang menjalankannya.

5. Sekarang kita akan men-delete file-file Autorun.INF. Microsoft.INF dan Thumb.db. Caranya, klik tombol START, ketik CMD, pindah ke drive yang akan dibersihkan, misalnya drive C:\, maka yang harus kita lakukan adalah:

Ketik C:\del Microsoft.inf /s, perintah ini akan men-delete semua file microsoft.inf di seluruh folder di drive C:. Sementara kalau mau pindah drive tinggal diganti nama drivenya saja contoh: D:\del Microsoft.inf /s.

Untuk file autorun.inf, ketik C:\del autorun.inf /s /ah /f, perintah akan men-delete file autorun.inf (syntax /ah /f) digunakan karena file tersebut memakai attrib RSHA, begitu juga untuk file Thumb.db lakukan juga hal yang sama

6. Untuk men-delete file-file selain 4 file terdahulu, kita harus mencarinya dengan cara search file dengan ekstensi .lnk ukurannya 1 kb. Pada 'More advanced options' pastikan option 'Search system folders' dan 'Search hidden files and folders' keduanya telah dicentang.

"Harap berhati-hati, tidak semua file shortcut / file LNK yang berukuran 1 kb adalah virus, kita dapat membedakannya dari ikon, size dan tipenya. Untuk shortcut yang diciptakan virus ikonnya selalu menggunakan icon 'folder', berukuran 1 kb dan bertipe 'shortcut'. Sedangkan folder yang benar harusnya tidak memiliki 'size' dan tipenya adalah 'File Folder'. "

7. Fix registry yang sudah diubah oleh virus. Untuk mempercepat proses perbaikan registry salin script dibawah ini pada program 'notepad' kemudian simpan dengan nama 'Repair.inf'. Jalankan file tersebut dengan cara:

Klik kanan repair.inf
Klik Install
[Version]
Signature="$Chicago$"
Provider=Vaksincom Oyee

[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del

[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,"regedit.exe "%1""
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, "Explorer.exe"
HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, "cmd.exe"
HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, "cmd.exe"

[del]
HKLM,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, Winupdate
HKCU,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, explorer

Tips cara menghilangkan virus shortcut di atas saya peroleh dari sumber berikut : http://sugengsetyawan.blogspot.com/2009/02/cara-menghilangkan-virus-shortcut-di.html, namun sebaiknya saran saya agar carilah sumber sebanyak-banyaknya suapaya menemukan cara menghilangkan virus yang lebih sederhana lagi.
 

Music Player

Sample Text

 
SELAMAT DATANG DI SEPUTAR INFO UNIK | http://seputarinfounik.blogspot.com | TEMUKAN INFO-INFO UNIK SEPUTAR KEHIDUPAN, KESEHATAN, TEKNOLOGI, EDUKASI, DLL. | BUDAYAKAN ANTI COPAS ARTIKEL (APABILA COPAS SERTAKAN SUMBERNYA) HARGAILAH KERJA KERAS PARA PENULIS | TEMUKAN JUGA KAMI DI : FACEBOOK : http://www.facebook.com/SeputarInfoUnik, TWITTER : @SeputarInfo Unik, E-MAIL : abi_under_dds@rocketmail.com | ADMIN : FACEBOOK : Abi Ckb D'Galay, TWITTER : @Abi_dds |