Pages

Senin, 07 Januari 2013

Pramugari Ini Bantu Kelahiran Bayi di Dalam Pesawat

kehamilan Pramugari Ini Bantu Kelahiran Bayi di Dalam Pesawat
Pengalaman menegangkan dirasakan oleh pramugari maskapai Merpati bernama Sherly Juwita. Selama 17 tahun menjadi pramugari baru kali ini ia memberikan pertolongan kelahiran bayi prematur. Itu terjadi di dalam pesawat saat mengudara pada Minggu (6/1).
Di sebuah penerbangan rute Timika menuju Makassar, seorang ibu hamil bernama Harmani merasakan kesakitan setelah 15 menit lepas landas. Wanita berusia 33 tahun itu pun menyebut akan melahirkan karena perutnya sakit. Akhirnya disiapkan semua peralatan medis darurat dan meminta seluruh penumpang berdoa agar persalinan lancar.
“Dengan bantuan kru, saya langsung melakukan proses lahiran,” ungkap Sherly. “Saya teriak ke ibu ‘copot celananya bu!’ Lalu tak berapa lama sudah terlihat kepala bayi. Lalu saya tahan kepalanya sampai keluar bayi itu.”
Sherly bersama pramugari yang lain, Rahmasari dan Anisah, serta Ani seorang penumpang yang juga calon perawat bahu membahu membantu proses persalinan. Sherly mengaku prosesnya berlangsung sekitar 15 menit dan ibu beserta bayinya dalam keadaan sehat. Namun pekerjaan mereka tidak selesai di situ karena bayi dilahirkan prematur dan tidak ada inkubator.
Bayi perempuan itu lahir prematur 7 bulan sehingga harus dikondisikan hangat secara darurat. Akhirnya ia dibungkus dengan selimut tebal serta beberapa kantor air hangat yang diletakkan di bagian punggung. Sherly mengaku beruntung sempat dibekali ilmu proses persalinan di atas pesawat saat pelatihan.
“Perjalanan masih 2 jam ke Makassar. Kita azankan bayi itu, kemudian kita beri oksigen, tidak kita tempelkan, tapi hanya di sekitar bayi,” tutur Sherly. “Saya terus berusaha membuat bayi itu nangis, yang penting bayi tetap terbangun. Alhamdulillah sepanjang perjalanan sang bayi menangis terus.”
“Itu pengalaman yang luar biasa bagi saya. Sampai sekarang saya masih deg-degan,” lanjut pramugari berusia 36 tahun itu. “Saya bersyukur semua kru bekerjasama membantu sang ibu untuk melahirkan.”

Sumber

2 komentar:

 

Music Player

Sample Text

 
SELAMAT DATANG DI SEPUTAR INFO UNIK | http://seputarinfounik.blogspot.com | TEMUKAN INFO-INFO UNIK SEPUTAR KEHIDUPAN, KESEHATAN, TEKNOLOGI, EDUKASI, DLL. | BUDAYAKAN ANTI COPAS ARTIKEL (APABILA COPAS SERTAKAN SUMBERNYA) HARGAILAH KERJA KERAS PARA PENULIS | TEMUKAN JUGA KAMI DI : FACEBOOK : http://www.facebook.com/SeputarInfoUnik, TWITTER : @SeputarInfo Unik, E-MAIL : abi_under_dds@rocketmail.com | ADMIN : FACEBOOK : Abi Ckb D'Galay, TWITTER : @Abi_dds |