Pages

Sabtu, 10 Maret 2012

Berganti Warna Putih, Coca-Cola diprotes Keras

Berganti Warna Putih, Coca-cola Diprotes Keras
 
Jakarta - Dalam edisi liburan Coca-cola mengeluarkan kaleng putih elegan. Niat baik Coca-Cola mendukung kampanye lingkungan diprotes konsumen. Akibatnya, merk softdrink terkemuka ini terpaksa mendesain kembali kaleng edisi liburannya.

Sejak dulu, Coca-Cola identik dengan warna merah. Namun, pada 25 Oktober 2011 lalu, untuk pertama kalinya Coca-Cola mengganti warna kaleng dan tutup botol cola regulernya menjadi putih. Sebanyak 1,4 juta kaleng dan botol edisi terbatas ini didistribusikan di Amerika Serikat dan Kanada.

Meski logonya tetap berwarna merah, kaleng Coca-Cola edisi liburan ini didominasi oleh warna putih di latar belakang dan warna perak pada gambar beruang.
Perubahan desain kemasan minuman bersoda ini dilakukan sebagai upaya mendukung perlindungan habitat alami beruang kutub. Coca-Cola bekerja sama dengan World Wildlife Fund (WWF) akan menyumbangkan total $ 3 juta untuk kampanye bernama 'Arctic Home' ini.

Caranya, konsumen mengirimkan SMS berisi kode yang terdapat di kaleng Coca-Cola edisi liburan. Setiap SMS tersebut dihargai $ 1. Donasi ini ditargetkan mencapai $ 1 juta. Coca-Cola sendiri akan menyumbang $ 2 juta.

Namun, tak lama sejak didistribusikan di toko-toko pada 1 November 2011, Coca-Cola banyak menerima protes lewat website, Facebook, dan Twitter. Masalahnya, konsumen salah mengira bahwa Coca-Cola reguler berkaleng putih tersebut adalah Diet Coke. Selain itu, konsumen yang biasa meminum Coca-Cola kaleng merah mengatakan bahwa rasanya berubah.

ABC News mengutip komentar salah satu konsumen Coca-Cola edisi liburan. “Saya membeli 3 pak, masing-masing berisi 6 kaleng. Saya tidak memperhatikan kemasannya. Saat saya meminumnya, saya heran karena rasanya berbeda. Padahal, saya menderita diabetes dan hanya bisa minum soda diet. Coca-Cola harus mengganti kemasan kaleng tersebut agar tidak membingungkan,” ujar Gail O'Donnell.

Akibatnya, Coca-Cola kaleng putih yang seharusnya dipasarkan hingga Februari 2012, ditarik 2 bulan sebelum masa promosi berakhir. Desainnya diganti menjadi berlatar belakang merah, gambar beruang berwarna putih, dan tanah yang dipijak beruang berwarna perak.

Namun, juru bicara Coca-Cola mengatakan bahwa hal ini sengaja dilakukan untuk menarik perhatian konsumen. “Kaleng putih ini menarik perhatian dan menguatkan tema liburan. Coca-Cola edisi liburan telah diterima dengan baik dan menimbulkan ketertarikan masyarakat,” ujar Scott Williamson kepada Wall Street Journal. Ia menambahkan, meski warna latar belakang kaleng telah diganti menjadi merah, kampanye 'Arctic Home' akan terus berjalan hingga Maret 2012.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Music Player

Sample Text

 
SELAMAT DATANG DI SEPUTAR INFO UNIK | http://seputarinfounik.blogspot.com | TEMUKAN INFO-INFO UNIK SEPUTAR KEHIDUPAN, KESEHATAN, TEKNOLOGI, EDUKASI, DLL. | BUDAYAKAN ANTI COPAS ARTIKEL (APABILA COPAS SERTAKAN SUMBERNYA) HARGAILAH KERJA KERAS PARA PENULIS | TEMUKAN JUGA KAMI DI : FACEBOOK : http://www.facebook.com/SeputarInfoUnik, TWITTER : @SeputarInfo Unik, E-MAIL : abi_under_dds@rocketmail.com | ADMIN : FACEBOOK : Abi Ckb D'Galay, TWITTER : @Abi_dds |